Atasi Batuk & Sakit Tenggorokan, Berkumur Air Garam

Selasa, 04 Oktober 2016 - 19:20 WIB
Atasi Batuk & Sakit...
Atasi Batuk & Sakit Tenggorokan, Berkumur Air Garam
A A A
JAKARTA - Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan. Serta gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak.

Nantinya akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk. Tentunya batuk sangat menggangu aktivitas sehari-hari terlebih dalam bekerja.

Lalu bagaimana untuk meredakan batuk maupun sakit tenggorakn? Ternyata, berkumur dengan air garam bisa mengatasi sakit tenggorakan dan batuk.

Mengutip HealthyLine, obat mungkin tampak relatif sederhana dalam mengobati batuk. Tapi, cara tradisonal pun juga bisa dilakukan.

Seperti berkumur dengan air yang mengandung garam dapat membantu menenangkan tenggorokan gatal. Untuk penggunaannya campurkan 1/2 sendok garam ke dalam 1/4 liter air hangat .

Hal itu bisa dapat membantu meringankan iritasi pada tenggorakan untuk anak-anak lebih baik berusia enam tahun ke atas untuk berkumur dengan air garam.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)